6.1.23

mengatasi alergi debu dan dingin

Hay,
Apa kabar?, Aku kembali lagi dengan pengalaman ku mengatasi alergi. 
Alergi ialah reaksi dari sistem kekebalan tubuh manusia (sistem imun) pada zat tertentu yang harusnya tidak berbahaya. Reaksi ini  bisa menimbulkan berbagai macam gejala. Contohnya pilek, ruam kulit yang gatal, atau bahkan sesak napas.
Yang bisa memicu respons alergi disebut dengan alergen. Biasanya pada kebanyakan orang, alergen tidak menimbulkan reaksi pada tubuh. Tapi, pada orang yang mempunyai alergi pada alergen, sistem imun akan mengeluarkan reaksi, karena menganggap zat itu berbahaya untuk tubuh.

Reaksi alergi yang muncul pada tiap orang itu berbeda-beda, mulai dari reaksi yang ringan, contohnya bersin-bersin, sampai reaksi berat, yaitu anafilaksis. Reaksi alergi yang muncul juga tergantung dari jenis alergennya.

Alergi biasanya terjadi pada anak-anak dan juga bisa mereda seiring usia bertambah. Tetapi, pada beberapa orang, alergi yang diderita masih muncul walaupun sudah masuk usia dewasa.

Beberapa contoh alergen ialah debu, dingin, bulu hewan, kacang, gigitan serangga, obat-obatan, dan bahan lateks.

Gejala alergi yang timbul pada tiap orang juga bisa berbeda-beda, dari ringan hingga berat. Gejalanya dapat berupa bersin-bersin, hidung berair, mata memerah dan gatal.

Cara mengatasinya ialah dengan menghindari zat pemicunya (alergen). Untuk mengatasi gejala, dokter bisa memberikan obat antialergi, contohnya antihistamin dan kortikosteroid. Jika reaksi alergi tergolong berat, kalian harus mendapat suntikan epinephrine oleh dokter.

Cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi alergi ialah dengan menghindari pemicunya. Walaupun begitu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan kalau pemicunya sulit untuk dihindari. Seperti memakai pakaian tertutup, tidak menggunakan parfum yang bisa mengundang serangga, dan membersihkan rumah secara berkala.

Nah itu lah pengalaman dan caraku mengatasi alergi. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mengatasi alergi debu dan dingin

Hay, Apa kabar?, Aku kembali lagi dengan pengalaman ku mengatasi alergi.   Alergi ialah reaksi dari sistem kekebalan tubuh manus...